ALAT
NAVIGASI KAPAL dan ALAT KOMUNIKASI KAPAL
Alat Navigasi kapal
merupakan suatu yang sangat penting dalam menentukan arah kapal, Pada zaman
dahulu kala Untuk menentukan arah kapal berlayar tidak jauh dari benua atau
daratan.
alat komunikasi kapal
digunakan untuk berhubungan antara awak kapal yang beada pada satu kapal, atau
dapat di gunakan untuk komunikasi dengan kapal lain, dan atau berkomunikasi
dengan darat.
zaman dulu navigasi kapal
atau arah tujuan kapal dilakukan dengan melihat posisi benda-benda langit
seperti matahari dan bintang-bintang dilangit, nah lho kira-kira gimana ya klo
langit langit mendung. pasti jadi susah menentukan arah tujuan kapal untuk
zaman sekarang lebih mudah dengan alat-alat navigasi kapal modern.
nah sekarang kapal cargo mau
membahas tentang alat navigasi kapal, ini dia alat-alat navigasi kapal :
1. MARINE RADAR Navigasi
kapal
alat navigai Kapal laut
modern sekarang dilengkapi dengan alat navigasi kapal berupa marine radar untuk
mendeteksi kapal lain, cuaca/ awan yang dihadapi di depan sehingga bisa
menghindar dari bahaya yang ada di depan kapal.
nah ini dia gambar marine
radar kapal
ini lagi dia gambar marine
radar alat navigasi kapal
RADAR merupakan singkatan
dari radio detection and ranging (ini bahasa menurut bahasa daerah saya).radar
merupakan suatu sistem yang digunakan untuk mendeteksi, mengukur jarak dan
membuat map benda-benda seperti pesawat dan hujan. Istilah radar pertama kali
digunakan pada tahun 1941, menggantikan istilah dari singkatan Inggris RDF
(Radio Directon Finding). Gelombang radio kuat dikirim dan sebuah penerima
mendengar gema yang kembali. Dengan menganalisa sinyal yang dipantulkan,
pemantul gema dapat ditentukan lokasinya dan kadang-kadang ditentukan jenisnya.
Walaupun sinyal yang diterima kecil, tapi radio sinyal dapat dengan mudah
dideteksi dan diperkuat.(alat navigasi kapal)
sebagai pelaut kita dapat
mengubah kekuatan Gelombang radio radar yang diproduksi dan mendeteksi
gelombang yang lemah, dan kemudian diamplifikasi( diperkuat ) beberapa kali.
Oleh karena itu radar digunakan untuk mendeteksi objek jarak jauh yang tidak
dapat dideteksi oleh suara atau cahaya. Penggunaan radar sangat luas, alat ini
bisa digunakan di bidang meteorologi, pengaturan lalu lintas udara, deteksi
kecepatan oleh polisi, dan terutama oleh militer.
Marine radar dengan
Automatic Radar Plotting Aid (ARPA) kemampuan dapat membuat trek menggunakan
kontak radar. Sistem ini dapat menghitung saja tracking, kecepatan dan titik
terdekat pendekatan (CPA), sehingga tahu jika ada bahaya tabrakan dengan kapal
lain atau daratan.
alat navigasi kapal ARPA
khusus memberikan presentasi dari situasi navigasi kapal pada saat iitu dan
dapat memprediksi navigasi atu ararah kapal beberapa saat kemudian dengan
menggunakan teknologi komputer. alat navigasi kapal ARPA dapat memperhitungkan
risiko tabrakan kapal, dan memungkinkan operator untuk melihat manuver
kapal.berikut ini adalah fungsi alat navigasi ARPA :
a. dapat menuntukan arah
navigasi kapal dengan persentasi RADAR KAPAL
b. Otomatis akuisisi target
akuisisi ditambah manual. Digital membaca target diakuisisi yang menyediakan
course kapal speed atau kecepatan kapal, range, bearing, closest point of
approach (CPA, and time to CPA (TCPA).
c. Kemampuan untuk
menampilkan informasi tabrakan penilaian langsung pada PPI, dengan menggunakan
vektor (benar atau relatif) atau Prediksi grafis Luas Bahaya (PAD) layar.
d. Kemampuan untuk melakukan
manuver kapal, termasuk perubahan. Tentu saja, perubahan kecepatan, dan tentu
saja gabungan / perubahan kecepatan. Otomatis stabilisasi tanah untuk keperluan
navigasi.
e. ARPA proses informasi
radar jauh lebih cepat dari radar konvensional namun masih tunduk pada
keterbatasan yang sama.
f. data ARPA seakurat data
yang berasal dari input seperti giro dan log kecepatan kapal
2. NAVIGASI SATELIT KAPAL
Satelit alat navigasi kapal
adalah satelit yang menggunakan sinyal radio yang disalurkan ke penerima di
permukaan tanah untuk menentukan lokasi sebuah titik kapal dipermukaan bumi
atau di lautan. Salah satu satelit navigasi yang sangat populer adalah GPS
milik Amerika Serikat selain itu ada juga Glonass milik Rusia. Bila pandangan
antara satelit navigasi kapal dan penerima di tanah tidak ada gangguan, maka
dengan sebuah alat penerima sinyal satelit (penerima GPS), bisa diperoleh data
posisi kapal di suatu tempat dengan ketelitian beberapa meter dalam waktu
nyata. Satelit mata-mata adalah satelit pengamat Bumi atau satelit komunikasi
yang digunakan untuk tujuan militer atau mata-mata.
Salah satu perlengkapan
modern untuk navigasi kapal adalah Global Positioning Satelite/GPS kapal adalah
perangkat yang dapat mengetahui posisi koordinat bumi secara tepat yang dapat
secara langsung menerima sinyal dari satelit. Perangkat GPS kapal modern menggunakan
peta sehingga merupakan perangkat modern dalam navigasi di darat, kapal di
laut, sungai dan danau serta pesawat udara. kapal tanpa alat navigasi gps
bagaikan sayur tanpa garam..
ini dia gampar gps untuk
alat navigasi kapal
maaf gambar diatas agak
buram
3. PETA alat navigasi kapal
alat navigasi kapal yang
ketiga adalah peta, peta merupakan perlengkapan utama dalam pelayaran kapal
bentuk dua dimensi (pada bidang datar) keseluruhan atau sebagian dari permukaan
bumi yang diproyeksikan dengan perbandingan/skala tertentu. atau dengan kata
lain representasi dua dimensi dari suatu ruang tiga dimensi. Ilmu yang
mempelajari pembuatan peta disebut kartografi.
a.Proyeksi peta menurut
jenis bidang proyeksi dibedakan :
-Proyeksi bidang datar /
Azimuthal / Zenithal
-Proyeksi Kerucut
-Proyeksi Silinder
b. Proyeksi peta menurut
kedudukan bidang proyeksi dibedakan :
-Proyeksi normal
-Proyeksi miring
-Proyeksi transversal
c. Proyeksi peta menurut
jenis unsur yang bebas distorsi dibedakan:
-Proyeksi conform, merupakan
jenis proyeksi yang mempertahankan besarnya sudut
-Proyeksi equidistant,
merupakan jenis proyeksi yang mempertahankan besarnya panjang jarak
-Proyeksi equivalent,
merupakan jenis proyeksi yang mempertahankan besarnya luas suatu daerah pada
bidang -lengkung
4. KOMPAS NAVIGASI KAPAL
alat navigasi kapal yang
ke-4 adalah kompas, Kompas adalah alat navigasi kapal untuk menentukan arah
kapal berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya
dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah
tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi. Arah mata angin yang
ditunjuknya adalah utara, selatan, timur, dan barat. Apabila digunakan
bersama-sama dengan jam dan sekstan, maka kompas akan lebih akurat dalam menunjukkan
arah. Alat ini membantu perkembangan perdagangan maritim dengan membuat
perjalanan jauh lebih aman dan efisien dibandingkan saat manusia masih
berpedoman pada kedudukan bintang untuk menentukan arah navigasi kapal.
keren ya gambar kompas
diatas,hehehe...
Penemuan bahwa jarum
magnetik selalu mengarah ke utara dan selatan terjadi di Cina dan diuraikan
dalam buku Loven Heng. Di abad kesembilan, orang Cina telah mengembangkan
kompas berupa jarum yang mengambang dan jarum yang berputar.Pelaut Persia memperoleh
kompas dari orang Cina dan kemudian memperdagangkannya. Tetapi baru pada tahun
1877 orang Inggris, William Thomson, 1st Baron Kelvin(Lord Kelvin) membuat
kompas yang dapat diterima oleh semua negara. Dengan memperbaiki
kesalahan-kesalahan yang timbul dari deviasi magnetik karena meningkatnya
penggunaan besi dalam arsitektur kapal.
Berikut ini adalah arah mata
angin yang dapat ditentukan kompas.
• Utara (disingkat U atau N)
• Barat (disingkat B atau W)
• Timur (disingkat T atau E)
• Selatan (disingkat S)
• Barat laut (antara barat
dan utara, disingkat NW)
• Timur laut (antara timur
dan utara, disingkat NE)
• Barat daya (antara barat
dan selatan, disingkat SW)
• Tenggara (antara timur dan
selatan, disingkat SE)
Alat apa pun yang memiliki
batang atau jarum magnetis yang bebas bergerak menunjuk arah utara magnetis
dari magnetosfer sebuah planet sudah bisa dianggap sebagai kompas. Kompas jam
adalah kompas yang dilengkapi dengan jam matahari. Kompas variasi adalah alat
khusus berstruktur rapuh yang digunakan dengan cara mengamati variasi
pergerakan jarum. Girokompas digunakan untuk menentukan utara sejati.
Lokasi magnet di Kutub Utara
selalu bergeser dari masa ke masa. Penelitian terakhir yang dilakukan oleh The
Geological Survey of Canada melaporkan bahwa posisi magnet ini bergerak
kira-kira 40 km per tahun ke arah barat laut.menurut jenisnya kompal sebagai
alat navigasi kapal di bagi menjadi 2 yaitu, kompas analog dan digital
(silahkan langsung aja deh tanya mbah google).
nah ini di gambar kompas kapal
5. IRS alat navigasi kapal
alat navigasi kapal modern
yang kelima adala IRS(Inertial Reference Sytem). IRS kapal adalah perangkat
yang dapat mengetahui posisi koordinat kapal berdasarkan efek inertial. Tidak
seperti GPS kapal perangkat IRS kapal tidak memerlukan stasiun sehingga sangat
cocok untuk digunakan di bumi maupun di ruang angkasa. Perangkat IRS modern
kapal menggunakan peta sehingga merupakan perangkat modern sebagai alat
navigasi kapal di laut, selain itu IRS juga bisa di gunakan sebagai alat
navigasi di darat , navigasi pesawat udara serta di ruang angkasa.
gambar perangkat
IRS(Inertial Reference Sytem).
lihat gambar diatas
membingungkan ya,gimana cara pasangx ya???
dari penjelasan diatas kapal
cargo telah membahas tentang alat navigasi kapal, giliran selanjutnya alat
komunikasi kapal.
6. TELEGRAF alat komunikasi
kapal
alat komunikasi kapal
telegraf merupakan sebuah mesin untuk mengirim dan menerima pesan pada jarak
jauh kapal .mengunahkan Kode Morse dengan frekwensi gelobang radio, kode morse
adalah metode dalam pengiriman informasi, dengan menggunakan standard data
pengiriman nada atau suara,cahaya dengan membedakan ketukan dash dan dot dari
pesan kalimat, kata,huruf, angka dan tanda baca. Kode morse dapat dikirimkan
melalui peluit,bendera, cahaya, dan ketukan morse.
eh ternyata gambar telegraf
kaya' itu ya bentuknya, jujur saya juga baru tau.
Pesan pada telegraf
dikirimkan oleh operator telegraf (telegrapher) menggunakan kode morse yang
dikenal dengan nama “telegram” atau “kabelgram”, dan sering disingkat dengan
pesan kabel atau kawat. Sebelum telepon jarak jauh (interlokal) diperkenalkan
dan digunakan, telegram ini sangat terkenal pemakaiannya.
Kata telegraf yang sering
didengar saat ini, secara umum merupakan telegraf elektrik. Telegraf ditemukan
oleh seorang warga Amerika Serikat bernama Samuel F.B. Morse bersama dengan
asistennya Alexander Bain.
7. Marine VHF radio (alat
komunikasi kapal)
Marine VHF radio merupakan
alat komunikasi kapal yang dipasang untuk memenuhi tujuan komunikasi kapal
yaitu memanggil tim penyelamat dan berkomunikasi dengan pelabuhan, kunci,
bridges and marines, dan marine vhf radio beroperasi di rentang frekuensi VHF,
antara 156-174 MHz. Walaupun secara luas alat komunikasi kapal marine vhf radio
digunakan untuk menghindari tabrakan, satu set marine vhf radio adalah gabungan
pemancar dan penerima dan hanya beroperasi pada standar, frekuensi
internasional dikenal sebagai salurannya.
Channel 16 (156.8 MHz)
adalah panggilan internasional. Marine VHF radio kebanyakan menggunakan
"simplex" transmisi, dimana komunikasi hanya dapat terjadi dalam satu
arah pada satu waktu. Sebuah tombol transmisi pada set atau mikrofon menentukan
apakah itu beroperasi sebagai pemancar atau penerima. Mayoritas saluran,
bagaimanapun, adalah sisihkan untuk transmisi "duplex" saluran di
mana komunikasi dapat berlangsung dalam dua arah secara bersamaan [3]. Setiap
saluran dupleks memiliki dua penetapan frekuensi. Hal ini terutama karena, pada
hari-hari sebelum ponsel dan satcomms menjadi luas, saluran dupleks dapat
digunakan untuk menempatkan panggilan pada sistem telepon umum untuk biaya
melalui operator laut. Fasilitas ini masih tersedia di beberapa daerah,
meskipun penggunaannya sebagian besar telah mati. Di perairan AS, Marine VHF
radio juga dapat menerima siaran radio cuaca, di mana mereka yang tersedia,
pada saluran, menerima hanya WX1 wx2, dll.
oke sekian dulu tulisan dari
kapal cargo tentang alat navigasi kapal dan Alat komunikasi kapal
sumber: Pengantar teknologie
kapal dan embel-embelnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar