Minggu, 07 Agustus 2016

Panduan Lengkap Membuat Pakan Lele Organik

Panduan Lengkap Membuat Pakan Lele Organik


Indoaqua.net - Siapa sih yang tidak tau ikan lele, hampir seluruh orang di Indonesia tau ikan lele. Ikan yang dikenal memiliki kumis ini adalah jenis ikan yang mudah dibudidayakan. Selain itu, ikan lele juga memiliki rasa daging yang gurih dan lezat serta memiliki kandungan protein yang tinggi. 

Namun, belakangan ini pembudidaya ikan lele banyak yang mengeluh akan tingginya harga pakan, sehingga keuntungan yang didapat semakin berkurang. Harga pakan yang tinggi merupakan permasalahan utama yang dihadapi pembudidaya ikan lele, selain masalah teknis budidaya.

Sudah banyak cara dilakukan pembudidaya ikan lele untuk mengatasi masalah pakan ini, mulai dari menggunakan pakan alternatif seperti keong mas, limbah peternakan unggas dan menggunakan ikan rucah.

Saat ini, selain pakan alternatif tersebut, terdapat cara lain untuk mengatasi permasalahan harga pakan lele yang mahal, yaitu dengan membuat PAKAN LELE ORGANIK. 
Sudah tidak sabar yah ingin tau !!!!!

Mari kita simak penjelasannya. 

Saat ini banyak pembudidaya ikan mencoba memanfaatkan kotoran sapi atau kambing untuk dijadikan pelet. Namun, kotoran sapi sebagai pakan organik dalam metode PAKAN LELE ORGANIK bukan berarti langsung diberikan pada ikan lele.

Kotoran tersebut akan diproses menjadi semacam pupuk organik yang akan merangsang tumbuhnya pakan alami yang berguna sebagai pakan sekaligus media berkembangnya mikroorganisme kompleks pada kolam. 

Beberapa hal yang harus diperhatikan dan diketahui untuk memanfaatkan kotoran ternak ini :

  1. Kotoran ternak yang digunakan diusahakan sudah padat dan tidak berbau
  2. Kotoran ternak yang digunakan berasal dari ternak yang diberi pakan hasil fermentasi. Maksud dari pakan hasil fermentasi adalah pakan jerami yang telah dikeringkan selama satu minggu atau dari kotoran kambing yang memakan pakan yang sudah difermentasi juga. 
"Bakteri yang ada pada kotoran sapi sudah tidak berbahaya, karena sudah melalui proses fermentasi"
Kotoran ternak yang kelihatannya menjijikan ternyata bisa dimanfaatkan untuk budidaya ikan. Selain kotoran ternak, ada beberapa bahan lain yang diperlukan untuk membuat PAKAN LELE ORGANIK. Berikut ini beberapa jenis bahan baku yang bisa digunakan untuk membuat Pakan Lele Organik :
  • Kotoran Ternak
Kotoran hewan yang dapat digunakan untuk pupuk setelah mengalami pengomposan yang matang, yaitu bila secara fisik (warna, rupa, tekstur, dan kadar air) tidak serupa dengan kondisi bahan aslinya, sedangkan secara kimia memiliki kandungan 60-70% bahan organik, 2% zat N, 1% P2O5, dan 1% K2O.

Jenis kotoran hewan yang dapat digunakan adalah kotoran sapi, kerbau, kelinci, ayam dan kambing. Jenis kotoran lain yang dapat digunakan untuk pembuatan Pakan Lele Organik adalah kotoran ayam. Kotoran ayam mengandung protein, karbohidrat, lemak dan senyawa organik lainnya. 

"Kriteria kotoran ayam yang ideal adalah yang berasal dari ayam pedaging karena kotorannya lebih bersih dan cenderung lebih murni (tidak tercampur sekam) dan usahakan kotoran ayam dalam kondisi kering. Hindari menggunakan kotoran ayam kampung karena kotorannya cenderung rendah kadar N dan mengandung serat yang tinggi"
Semakin tinggi kandungan unsur hara nitrogen akan membuat bahan baku semakin cepat terurai. Ini dikarenakan jasad renik pengurai memerlukan unsur hara nitrogen untuk perkembangannya. Unsur hara nitrogen digunakan oleh mikroorganisme untuk sintesis protein dan pembentukan protoplasma.

  • Ampas Tahu
Ampas tahu dapat digunakan sebagai sumber protein, mengingat kandungan proteinnya dan lemak yang tinggi sekitar 8,66% protein, 3,79% lemak, 51,63% air dan 1,21% abu. maka sangat baik untuk dijadikan bahan baku pembuatan Pakan Lele Organik. 

"Kelemahan ampas tahu cenderung memiliki kandungan protein yang lebih baik dari pada kotoran hewan, apabila proses fermentasi terlambat, maka hasilnya akan menjadi cepat bau sehingga dapat mengganggu lingkungan sekitar. Ampas tahu merupakan bahan yang tidak tahan lama. Karena itu, ketika mendapatkan ampas tahu segera lakukan pencampuran dengan probiotik, untuk dosis probiotik tergantung dari merk dan jenis probiotik yang digunakan" 
  • Dedak
Dedak merupakan limbah pengolahan gabah dan tidak dikonsumsi manusia sehingga tidak bersaing dalam penggunaannya. Kandungan nutrisi dedak yaitu bahan kering 91,0%, protein kasar 13,5%, lemak kasar 0,6%, serat kasar 13,0%, dan kandungan serat kasar 13,6%. 

  • Tepung Ikan
Tepung ikan adalah ikan atau bagian ikan yang dikeringkan dan digiling. Kegunaan utama tepung ikan adalah bahan utama campuran pakan ternak. Tepung ikan yang baik harus mempunyai sifat-sifat : butirannya seragam; bebas dari sisa tulang, mata ikan dan benda asing; berwarna halus bersih, seragam, dan bau khas ikan amis. 

  • Probiotik
Probiotik adalah istilah yang digunakan pada mikro-organisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lainnya. 

  • Tetes Tebu / Molase
Molase merupakan bahan sisa dari proses pembuatan gula. Molase juga merupakan sumber energi tetapi kandungan proteinnya rendah. Molase mengandung 4,2% protein kasar, 7,7% serat kasar. Molase juga sering digunakan untuk proses fermentasi karena mengandung 1-20% gula yang dapat dimanfaatkan untuk pertumbuhan inokulum. 

Baca Juga Artikel Terkait :
5 Jenis Ikan Lele Unggul di Indonesia
  • Membuat Pakan Alami dari Kotoran Ternak
Hal pertama yang perlu disiapkan adalah media berupa kolam lele. Kita tidak perlu membuat kolam ikan lele dari tanah, karena nantinya kita menggunakan kompos yang berfungsi sebagai tempat berkembang biak mikro organisme. Kita bisa menggunakan kolam semen atau kolam terpal.

Ukuran bisa disesuaikan dengan kondisi lahan yang kita miliki. Biasanya ukurannya adalah 2 x 3 m dengan tinggi air sekitar 80 cm hingga 1 meter. Jika kolam yang dibuat lebih besar, akan menjadi lebih baik karena padat tebar dan waktu fermentasi pakan lele organik menjadi lebih hemat.

Komposisi Bahan dan Alat

  1. Kotoran ternak yang telah diangin-anginkan selama sekitar seminggu sebanyak 100-150 kg dalam keadaan kering.
  2. Probiotik EM4 Perikanan sebanyak 1 liter
  3. Air matang sekitar 10-20 liter
  4. Tetes tebu (molase) sebanyak 2 liter
  5. Karung dan paranet sesuai ukuran kolam sekitar 1 x 2 m sebagai tempat untuk pemberian pakan organik ke kolam.
  6. Jerigen.
Cara Pembuatan :

Dalam membuat pakan alami untuk lele, terdapat proses fermentasi yang bisa dibilang sangat penting. Karena proses fermentasi bisa meningkatkan nilai gizi, terutama kadar protein, pada bahan baku pakan lele organik yang akan dipakai. Selain itu, bahan pakan akan lebih sederhana sehingga mudah dicerna oleh ikan lele. 

Karena itu, sebelum dipakai untuk pakan lele, sebaiknya semua bahan difermentasikan terlebih dahulu menggunakan pro-biotik. Cara pembuatan pakan alami dari kotoran sapi atau kambing sebagai berikut :
  1. Sebelum seluruh bahan dicampur, aktifkan terlebih probiotik terlebih dahulu, dengan cara mencampurkan probiotik, molase dan air matang. Campuran tersebut diaerasi maksimum 2 jam dengan cara memasang aerator. 
  2. Masukan Kotoran ternak yang telah dikeringkan ke dalam Jerigen yang telah disiapkan
  3. Siramkan campuran probiotik yang telah diaktifkan ke dalam jerigen yang berisi kotoran ternak, lalu aduk hingga tercampur merata. 
  4. Tutup wadah rapat, lalu biarkan bahan-bahan tersebut berfermentasi selama 7-14 hari. Setelah siap, pakan yang telah terfermentasi tersebut dimasukan ke dalam karung. 

"Lakukan pemupukan ulang dari fermentasi kotoran sapi secara rutin setiap 2-3 hari sekali. Hal tersebut terus dilakukan sampai lele mencapai ukuran 5-7 cm dan lele sudah mau mengkonsumsi pakan lele organik dari ampas tahu"
Cara Pemberian Pakan : 

Pakan alami dari kotoran ternak diberikan pada lele yang berumur di bawah 1 bulan dengan ukuran penebaran awal maksimal 4-6 cm. Cara pemberiannya, cukup ambil pakan hasil fermentasi kotoran ternak kemudian masukan kedalam wadah (karung) dan masukan ke dalam kolam lele.

Sedangkan cara lainnya, letakkan pakan alami hasil fermentasi kotoran ternak tersebut ke paranet yang telah di pasang atau diikatkan ke tali di atas kolam ikan lele. 

Apabila menebar benih lele ukuran 2-3 cm atau 3-4 cm, setelah 3-4 hari setelah tebar benih, lakukan penambahan pakan lele organik dari fermentasi kotoran ternak sebanyak 2-3 gayung tergantung dari luas kolam dan jumlah tebar benih.

Selanjutnya, lakukan pemupukan ulang dari hasil fermentasi kotoran ternak tersebut secara rutin setiap 2-3 hari sekali sampai ukuran lele 5-7 cm dan lele sudah mau mengkonsumsi pakan lele organik dari hasil fermentasi ampas tahu.


 Membuat Pakan dari Fermentasi Ampas Tahu
Ampas tahu dapat juga digunakan sebagai pakan ikan lele. Hal tersebut bertujuan agar lele dapat berkembang seperti di habitat aslinya, yaitu memakan makanan yang berasal dari bahan organik dan ikan lele akan tumbuh dengan baik.

Selain itu, bertujuan untuk mengurangi biaya pengeluaran dan mengurangi menumpuknya limbah dari ampas tahu tersebut. 

Bahan Baku :
  1. Ampas tahu sekitar 10 kg
  2. Bekatul jagung, bekatul kulit kacang atau dedak sebanyak 5 kg
  3. Tepung ikan sebanyak 1 kg
  4. Kotoran ayam sebanyak 5 kg
  5. Probiotik SOC (HCS) 15 - 20 ml
  6. Molase atau air tetesan tebu sebanyak 250 ml
  7. Air matang sekitar 1-3 liter
Cara Pembuatan :
  1. Aktifkan terlebih dahulu probiotik SOC (HCS) dengan cara mencampurkan dengan air dan molase yang telah disiapkan terlebih dahulu.
  2. Campurkan probiotik yang telah diaktifkan tersebut dengan seluruh bahan yang telah disiapkan
  3. Aduk rata seluruh bahan yang ada
  4. Masukan bahan yang telah dicampur kedalam wadah bisa berupa ember tertutup
  5. Fermentasikan seluruh bahan tersebut selama minimal 3 jam. 
Setelah proses fermentasi selesai, pakan bisa langsung diberikan kepada lele yang sebelumnya sudah memakan pakan alami selama 15 hari. Pastikan wadah penyimpana fermentasi ampas tahu selalu tertutup. Usahakan sebelum ditutup kembali, aduk pakan fermentasi ampas tahu setiap kali wadah dibuka untuk mengambil pakan. 

Cara Pemberian Pakan :

Cara pemberian pakan lele organik dari hasil fermentasi ampas tahu sangatlah mudah. Pakan bisa diberikan langsung ke ikan lele dengan cara dikepalkan sehingga lele bisa mengkonsumsi secara langsung. Atau bisa juga dengan cara ditempelkan dipinggir pematang kolam. 

Disarankan pakan tersebut diberikan kepada ikan lele yang umurnya di atas 1 bulan dari penebaran, dengan ukuran benih minimum 4-6 cm, sebelumnya bisa diberikan dari hasil fermentasi dan pakan alami pupuk kandang. 

Pemberiannya jangan bersamaan dengan pemberian pellet ikan. Persentase pemberian adalah 5% dari biomassa ikan (1,5-2 kali jumlah pemberian pakan pellet). Frekuensi pemberian pakan lele organik dari ampas tahu ini bisa 2-3 kali sehari. 

"Tips untuk meningkatkan nafsu makan lele"Sebelum diberi pakan ampas tahu, sebaiknya lele diberikan pakan pellet pabrikan yang sudah difermentasikan dengan probiotik, ini berfungsi sebagai pancingan bau tepung ikan yang dapat merangsang nafsu makan lele. Perlakuan ini hanya dilakukan satu kali selama proses pembesaran lele sehingga tidak akan memakan banyak biaya. 

Penerapan Pakan ikan lele organik ini, dapat juga diterapkan pada jenis ikan lainnya seperti ikan mas, nila, dan lainnya. Karena dengan cara ini lebih ramah terhadap lingkungan dan dapat meningkatkan pendapatan pembudidaya ikan khususnya.
Sekian Penjelasan kali ini, Semoga dapat bermanfaat buat kita semua. Jangan lupa berikan komentar yah.. Terimakasih


Sumber : http://www.indoaqua.net/2016/01/cara-membuat-pakan-ikan-lele-organik.html

1 komentar:

  1. Dengan banyaknya yang menyukai burung lovebird, harga jual burung ini pun sangat tinggi dan meningkat, seiring dengan berjalannya waktu. Sehingga wajar, bila para peternak burung berlomba-lomba membudidayakan burung lovebird agar meraup banyak keuntungan. Namun hal yang banyak terjadi, dalam proses budidaya/beternak burung lovebird, Kita sering mengalami kegagalan untuk mengawinkan keduanya (jantan dan betina). Alasannya cukup simpel, tidak sedikit burung. Masih berkaitan Jika menggunakan cabai bubuk korea warnanya akan jauh lebih merah dan jika menggunakan cabai lokal warnanya tidak secerah cabai korea tapi rasanya lebih mantap.
    Cara Membuat Pakan Lele Sistem Pencernaan Kelinci Ufa Bunga SMartphone

    BalasHapus