Minggu, 17 Mei 2015

panggang lele

PANGGANG IKAN LELE


Budidaya ikan lele sangat ngetren di Kabupaten Pati dalam waktu 3 bulan masa pemeliharaan lele dapat dipanen , dengan banyaknya budidaya lele maka suatu saat harga ikan lele akan jatuh murah , ini karena kapasitas pasar tidak mampu menanpung hasil produksi lele pada waktu musim panen .
Upaya agar ikan lele mendapat harga yang baik maka para pengolah membuat aneka macam produk olahan dari lele sehingga memiliki nilai tambah dan jumlah serapan konsumsi lele bertambah , produk olah tersebut antara lain Lele panggang, Nugget Lele, Kerupuk Lele, Bakso Ikan Lele, kaki Naga Ikan Lele, Abon Lele, Kue Semprong, Biscuit Lele dan masih banyak lagi produk yang lain.
Berikut ini cara pengolahan ikan lele panggang .

A. Pengolahan ikan Lele panggang
Ikan panggang memiliki daya Tarik tersendiri dikalangan masyarakat, dengan tersediaan bahan baku ikan lele segar hasil budidaya serta banyaknya para pengolah ikan panggang di kecamatan tayu dalam skala kecil, maka potensi pengolahan panggang lele dapat berkembang dan dapat sambutan yang cukup baik dimasyarakat . Lele panggang menu yang banyak dicari penggemar lele, rasanya yang khas disukai semua orang. Ikan yang digunakan untuk panggang hendaknya benar-benar masih segar, tidak cacat fisik, dan bermutu tinggi. Ukuran yang digunakan mulai dari 8 ekor/ kg sampai ukuran besar 5 kg/ ekor bahkan semakin besar ukurannya semakin dicari pengolah.
1. Prinsip dan tujuan panggang lele
Prinsip pemanggangan adalah mengolah ikan setengah matang dengan memberi aroma dan cita rasa khas panggang ( asap ). Adapun tujuannya memberikan nilai tambah ikan lele , meningkatkan gizi masyarakat , dan memberikan cita rasa ikan panggang pada lele. Selain itu kegiatan pengolahan ini bertujuan untuk memperluas lapangan pekerjaan bagi masyarakat kecil.
2. cara membuat panggang lele

Ikan panggang sangat khas rasa olahan ikan ini baik di makan dengan sambal, disayur santan masing masing memiliki ke khasan sendiri ,

Urutan untuk membuat ikan panggang adalah sbb:
a.       Siangi ikan lele dan cuci sampai bersih.
b.      Tusuk ikan dengan bambu dari mulut sampai ekor , kemudian atur ikan agar sesuai bambu
c.       Panggang ikan lele diatas bara tempurung kelapa agar lele matang dan terkena asap tempurung kelapa.
d.      Letakan lele panggang dalam tampah ( tempat yang bersih ) dan siap untuk dipasarkan atau di masak kembali untuk konsumsi.
 
3. Dalam mengolah ikan yang perlu di perhatikan :
1)  Kebersihan tempat mengolah ikan dan hegiene dalam proses pengolahanannya , bila ada yang berkunjungan ditempat proses produksi untuk membeli hasil olahan tersebut maka si pembeli yakin akan produk tersebut aman untuk dikonsumsi.
2)      Tempat pemasaran harus bersih serta menarik cara memasarkan agar banyak pembeli yang tertarik .
3)      Jangan menggunakan pengawet yang membahayakan kesehatan


Demikian selamat mencoba semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar